LAB 2 - Ubuntu Server (Konfigurasi IP)

Konfigurasi IP 


Hy.. Kali ini kita akan Melanjutkan Sesi sebelumnya yaitu Ngonfig IP pada ubuntu Server tapi yang belum menginstall ubuntu Server silahkan Cek disiniLAB 1 - Ubuntu Server (Installation),Sebelum melakukan Ngonfig kita bahas dulu apa itu IP. IP adalah sebuah indentitas numerik yang di berikan kepada Setiap komputer untuk saling komunikasi satu sama lain pada Jaringan Komputer.selain itu IP memiliki jenis yaitu IP Public dan IP Private.

IP Public
 - IP yang terhubung langsung dengan Komputer untuk saling terkoneksi satu sama lain dengan Internet (secara Global).IP Public hanya di berikan oleh ISP - ISP tempat lagganan Internet baik itu IP Public Static atau Dynamic,Jika Ingin Mengetahui IP Public pada Jaringan Kita dengan cara whatismyipaddress.com.

IP Private
 - IP yang bersifat Pribadi atau Local hanya Komputer di dalam Jaringan Internal saja saling Koneksi Satu sama lain. contoh IP Private yang sering kita gunakan yaitu 10.0.0.0/8 172.16.0.0/12 192.168.0.0/16.selain itu IP Private bukan dari ISP yang buat tapi dari sisi Kita sendiri buat IP Private tersebut.nah pada Ngonfig kali ini IP Private inilah yang kita gunakan untuk Konfigurasi IP pada Ubuntu Server.

kenapa saya Menggunakan IP Private dari pada menggunakan IP Public ? karna IP Private sangat gampang kita atur sedemikian rupa baik itu merubah nya,aman karna besifat local, dll.untuk itu kita masuk pada tahap konfigurasi IP pada Ubuntu Server.

  1. Pastikan ubuntu Server sudah Login sebagai root (Super user)
  2. cek interface pada ubuntu Server untuk konfigurasi IP dengan perintah ifconfig, setelah itu maka akan tampil seperti di bawah perlu di ketahui eth0 adalah Interface fisik sedangkan L0 (loopback) adalah hanya virtual.

  3. disini saya menggunakan Interface eth0  untuk konfigurasi IP pada Ubuntu Server,untuk mengedit IP pada Interface tersebut yaitu dengan perintah nano /etc/network/interface (nano disini yaitu text editor,kalian bisa menggunakan Text editor seperti VIM,Gedit dll).
  4. Karna kita konfigurasi nya bersifat static untuk ubuntu server maka tambahkan script static dan IP Address dan Netmask nya sesuai kebutuhan masing masing.
  5. setelah itu kita restart Network pada Ubuntu Server yaitu service networking restart
  6. Setelah itu kita cek kembali apakah Konfigurasi kita sukses atau tidak dengan ifconfig. 
  7. nah setelah kita cek muncul IP dan Netmask yang sudah kita edit 192.168.1.32 255.255.255.0, jika tidak muncul seperti di atas maka cek kembali Konfigurasi Sebelumnya.
  8. untuk mengetest apakah Client sudah bisa saling komunikasi atau tidak cukup ping ke Ubuntu Server.
karna saya menggunakan OS Windows sebagai Client maka hasil Testing yaitu ping berhasil seperti gambar di atas.sekian dulu untuk tutor kali ini Untuk LAB selanjut tunggu yahh wkwkw. 

Post a Comment

Previous Post Next Post