Home » , , » Install Linux pada Partisi GPT

Install Linux pada Partisi GPT

Posted by Ngonfig Indonesia on Sunday, August 5, 2018

Bagaimana Install Linux Pada Partisi GPT ?


hey kembali lagi dengan blog ngonfig.. kali saya sedikit cerita tentang pengalaman saya atau mungkin pengalaman teman-teman Ngonfig pada saat install linux pada partisi GPT,saya memiliki laptop Lenovo ideapad 320 pada awalnya saya install Linux pada laptop saya kebetulanmau di jadiin dual boot yaitu Linux dan Windows tapi setelah saya install Linux dan restart.. yang terjadi malah masuk kembali ke windows dan tidak menampilkan GRUB yang seperti kita ketahui pada saat booting,awalnya saya berpikir Distro Linux yang install terdapat permasalahan sehingga saya mencoba install distro-distro lain seperti Manjaro,Ubuntu dan Xubuntu tetap kembali seperti problem tersebut dan saya mencoba setting BIOS tetap hasil nya nihil,lalu saya mencoba Disable Secure boot pada bios  dan hasil nya pun sama.tapi saya ingat bahwa Hardisk yang saya gunakan adalah GPT bukan MBR dan memungkinkan Linux yang di install kembali ke OS Windows.
lalu saya mencoba membuat boot lagu menggunakan  Aplikasi Rufus yang biasa saya gunakan untuk menginstall Linux ataupun OS lainnya untuk mengetahui apakah berhasil atau tidak nya,untuk itu Rufus yang digunakan yang terbaru.


 nah pada Tampilan di atas bagian Partition Scheme ubah dari MBR menjadi GPT setelah itu mulai START untuk membuat boot looder Linux,perlu diketahui ada beberapa Distro Linux yang saya dapatkan dan coba tidak support pada Partisi GPT pada saat membuat boot loader pada rufus.setelah selesai membuat boot untuk Linux pada FD silahkan restart dan cek kembali pada BIOS.

Thanks for reading & sharing Ngonfig Indonesia

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. mas kalo misalnya gk bisa diganti ke gpt gmna?...
    apa itu sebab dari flashdisk atw isonya?....

    ReplyDelete