Cara Belajar Sistem Operasi Linux

Seperti yang kita tau Linux adalah suatu system operasi yang di buat oleh Linus Torvalds yang sampai saat ini tetap memberikan yang terbaik. Selain itu beberapa elemen masyarakat belum mengetahui tentang keberadaan system operasi ini walaupun hanya mengetahui Linux itu system operasi, tapi tidak memiliki power untuk mempelajari system operasi Linux ini. Kami sering berdialog dengan beberapa elemen masyarakat maupun akademisi tentang apakah mereka mengenal Linux atau tidak. beberapa yang menjawab “Linux itu susah pak, saya tidak mengerti bagaimana menggunakan nya beda sama system operasi yang saya gunakan saat ini”, kami pun mengerti akan jawaban yang diberikan oleh teman – teman kami karna pada dasarnya mereka tidak dikenalkan oleh si Linux ini. Namun ada dari mereka menjawab bahwa mereka mau untuk mempelajari tentang Linux hanya saja kendala yang dapati yaitu “tidak ada yang mau mengajari mereka”, maka dari itu kami sering berbaur dengan mereka dengan memberikan tips – tips untuk belajar tentang Linux ini.
Maka dari itu kami akan memberikan sedikit tips apa saja yang dilakukan ketika ingin mempelajari tentang Linux, berikut tips – tips nya.
1.mengenal tentang apa itu Linux
Sebelum melakukan penginstall Linux di PC harus mencari tau apa itu Linux agar nanti nya canggung ketika ingin mempelajari tentang Linux,karna Linux Banyak sekali Varian (Distro) Linux yang tersebar di Internet.
2.Bergabung di Grub atau Komunitas Linux
Bergabung di Grub ataupun Komunitas Linux sangat lah Penting karna banyak pengguna Linux yang sudah professional didalam nya sehingga mudah kita sebagai pemula untuk mempelajari banyak dengan para mereka atau berbagi pengetahuan seluk beluk tentang Linux.
3.Apa saja yang dipelajari di Linux
Hal yang mendasar dalam memperlajari Linux sangatlah penting karna Linux bukan hanya tampilan GUI (Graphic User Interface) melainkan CLI (command Line Interface) ,adapun hal – hal yang perlu dipelajari mendasar tentang Linux adalah.
  1. Perintah Dasar Linux
  2. Manajemen Packet
  3. Manajemen Service
  4. Manajemen Proses
  5. Manajemen User & Grub
  6. Hak Akses
4.Pilih Distro Linux
Pada Sistem Operasi Linux banyak sekali varian (Distro) yang dapat kita pilih sebagai Andalan kita Seperti Ubuntu,Linux Mint,Debian dll, tapi sebelum itu untuk memilih Distro Linux sebagai permulaan (mencoba) mecicipi kami sarankan untuk mecoba Distro Linux Ubuntu sebagai tempat belajar untuk pemula.
5.Berani Mencoba dan Mulailah Berhijrah
dari Sekian point yang kami berikan point ke-5 sangatlah penting karna percuma kita mencari tau apa itu Linux,Apa saja yang perlu di pelajari dan bergabung di komunitas kalau tidak mencoba maka akan percuma dan sia sia, dari point – point di atas itulah pengalaman kami yang kami dapat.
 
Tambahan:
Jika Pada saat Migrasi Ke linux masih ragu atau sepenuh nya masih kurang yakin, Silahkan cek di https://www.migrasilinux.or.id/ banyak teman – teman relawan Linux yang siap membantu dari seluruh indonesia sesuai region nya masing – masing. Mungkin Pertama Mencoba Linux merasa cepat bosan karna banyak perlu di Pelajari tentang Linux tapi ketauilah semakin kita mencoba semakin kita penasaran,jangan jadikan Belajar Linux itu susah karna yang membuat belajar Linux itu susah adalah diri kita yang tidak berani mencoba

Post a Comment

Previous Post Next Post