Monitoring System Linux Menggunakan Htop

Monitoring System Linux Menggunakan Htop

Dalam Setiap melakukan aktifitas pada Sistem Operasi terkhusus nya Linux yang kita jalankan sering kali terdapat hambatan dari Resource Komputer yang kita miliki terkhusus Para Server baik itu CPU,RAM,SWAP, dll.
yang mengganggu kinerja Komputer kita, Selain itu Hambatan yang sering kita dapat yaitu adanya proses atau aplikasi yang memakan resource yang cukup besar maka dari itu  perlu adanya Monitoring System yang dimiliki, pada dasar nya Linux sudah menyediakan secara bawaan perintah yang di mana untuk monitoring system tersebut menggunakan perintah top contoh seperti gambar di bawah ini.
nah untuk secara detail dalam monitoring dan visualisasi maka saya menggunkan salah satu aplikasi yaitu nya Htop.
Htop adalah suatu Aplikasi yang digunkan untuk Memonitoring System Komputer kita jalankan agar nanti nya kita bisa monitoring apa saja proses yang menggaggu kinerja komputer kita, langsung saja.

1. Pastikan Buka terminal dan masuk sebagi root pada Linux.

2. masukan perintah Apt-get install htop
3. setelah proses terinstall selesai maka kita cukup jalan perintah htop pada terminal 
setelah di jalankan perintah  htop maka akan terlihat tampilan monitoring system resource pada Komputer kita baik cukup detail dan tampilan visualisasi nah disini bisa menarik kesimpulan bahwasan nya penggunaan perintah top dan htop berbeda yahh.

Post a Comment

Previous Post Next Post