Bash Shell Linux [1] - Mengenal Bash Shell Linux

Mengenal Bash Shell Linux

https://www.linuxuprising.com/2018/07/incomplete-path-expansion-completion.html

Pengertian

Sebelum memulai membuat aplikasi dengan Bash Shell pada Linux, alangkah baik nya kita mengenal dulu tentang Shell Linux. Shell adalah salah satu bagian pada struktrul Linux yang sangat penting bagi sistem Linux. 

https://riyantoshare.blogspot.com/2016/10/struktur-system-linux.html
 Gambar Struktrul Kernel Linux

kegunaan dari Shell adalah sebagai penerjemah perintah dari Aplikasi ke Kernel Sehingga Kernel bisa mengeksekusi perintah dari Aplikasi. Selain itu Shell sendiri sebagai Jembatan di antara Aplikasi dan Kernel. nah dari sini kita bisa tau bahwasan nya Shell memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan Sistem.

Jenis - Jenis Shell pada Linux

Pada Shell Linux sendiri memiliki beragam jenis shell dan memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari segi pengunaan nya dan fungsi. selain itu shell linux memiliki lebih dari 2 (dua) shell pada system nya.. jadi bisa di gunakan sesuai kenginan dan kebutuhan yang di inginkan.
  • Bourne shell(sh),
  • C shell(csh),
  • Korn shell(ksh),
  • Bourne again shell(bash),
dari jenis - jenis shell tersebut yang sering digunakan atau familiar adalah Bourne Again sekarang Shell (Bash),

Pemogramman Shell

Perlu diketahui bahwasan nya penggunaan dalam Pemogramman Shell sangat mudah digunakan, karna pemogramman Shell seperti ini sangat erat dengan Bahasa Pemogramman lainya salah satu nya Bahasa C/C++ jadi bagi teman - teman yang pernah menggunakan Bahasa Pemogramman tersebut bakalan lebih mudah di pahami dan mengerti hehe. Selain itu Pemogramman Shell adalah adalah sekumpulan script untuk memanggil setiap perintah yang di buat pada script.

Persyaratan

Emang Ada Persyaratan nya ? Dalam Menggunakan Pemogramaan Shell pada Linux harus memenuhi Persyaratan nya yaitu Memahami tentang Perintah dasar Linux. itulah syarat yang perlu di pahami sebelum melangkah ke dalam penulisan Script Shell Linux, dalam hal ini sesuai penjelasan Sobat Ngonfig Sebelum nya bahwa dalam membuat script Perintah Dasar Linux sangat lah Berarti baik untuk menunjang Perpindahan file,Monitoring dan penggunaan yang di inginkan. Untuk itu disaran kan Pahami Perintah dasar dulu hehe.

nah sebelum kita memulai dalam penulisan atau melangkah kerana eksekusi penulisan alangkah baik nya kita mengecek shell yang di gunakan dengan perintah ps
 


dengan perintah tersebut kita bisa mengetahui shell apa yang kita gunakan, disini sobat ngonfig menggunakan bash di jalankan tapi sobat ngonfig saranin menggunakan Shell Bash saja supaya agar mudah di pahami pada saat membuat script untuk artikel Selanjutnya, Jika berbeda dengan yang maka cukup menggunakan perintah Bash untuk mengaktifkan Shell Bash nya.

untuk mengetahui versi BASH yang kita gunakan cukup menggunakan perintah $BASH_VERSION.
  

Sumber : https://pemula.linux.or.id/programming/bash-shell.html

Post a Comment

Previous Post Next Post