Mengenal Open Source

Open Source
(Sumber terbuka) adalah sesuatu yang berhubungan dengan perangkat lunak yang memiliki Source Code yang lengkap di dalam perangkat lunak (software),sehingga kita bisa melihat nya dan mengembangkan Software yang dimiliki oleh orang tersebut (pengertian secara umum). sedangkan menurut kami Open Source adalah sesuatu bentuk kebebasan (Freedom) yang berguna untuk semua elemen masyarakat. selain itu perangkat - perangkat lunak sudah banyak tersebar seluruh Internet sehingga kita bisa menggunakan perangkat lunak tersebut secara bebas,tampa kita sadari banyak perangkat yang sering kita jumpai yang berbasis Open Source Contoh :

  1. Android adalah sistem operasi berbasis Linux ini yang sekarang sudah menjadi mendarah daging di dunia teknologi informasi.banyak perusahaan - perusahaan pengembang smartphone menggunakan OS Android ini sebagai salah satu dasar untuk sistem yang mereka gunakan. seperti yang kita tau android sangat lah (user Friendly) atau mudah dipahami oleh beberapa kalangan usia baik anak - anak maupun orang tua sekalipun.
  2. Sedangkan Linux adalah Sistem Operasi yang Fenomenal dari kalangan Networking,Programming,Keamanan Komputer dll tidak asing terdengar jika mendengar OS ini, selain terkenal Linux kita bisa kembangkan sesuai kebutuhan nya. 

jika membahas keunggulan open source, banyak sekali keunggulan nya contoh nya seperti :
  1. pengguna dapat menggunakan untuk berbagai hal dan selain itu dapat di kembangkan sesuai keinginan karna pada dasar open source berlawanan dengan copyright yaitu copyleft 
  2. dengan menggunakan open source kita dapat menimimalisir terjadi nya pembajakan software atau crack yang dapat merugikan beberapa perusahaan.
  3. selain itu kita dapatkan menggunakan untuk mengembangkan suatu aplikasi agar nanti nya bisa menyebarluaskan aplikasi yang kita buat untuk bermanfaat bagi orang lain nanti nya.

Dari pengalaman pribadi banyak menganggap bahwa perangkat lunak yang open source itu murahan semua bahkan memandang bahwa perangkat lunak yang open source itu sebagai bahan candaan. bukan dilihat dari perangkat nya tapi di lihat pengguna nya yang mampu memberikan Software yang mereka buat secara cuma - cuma kepada masyarakat tampa harus membeli nya inilah tingkat kesosial nya manusia di lihat, bukan seberapa hebat user membuat/membangun perangkat lunak tapi tingkat kepedulian nya kepada masyaratkat akan susah nya software yang harus membeli untuk mereka gunakan. 

Berikut beberapa Daftar Perangkat Lunak yang populer di Open Source :
  1. Linux : Sistem Operasi yang populer di kalangan networking,Programming bahkan Desain.
  2. Libreoffice : Perangkat Lunak yang berkerja mengolah kata sama hal nya seperti Microsoft Office 
  3. Mozilla Firefox : browser yang saat sering kita gunakan ternyata Open Source lohh !
  4. Xampp : seorang programming tidak asing akan mendengar Xampp yang sering digunakan untuk membangun suatu website 
  5. Gimp/Inkscape : Software yang tidak kalah dengan software yang lain untuk belajar desain.
  6. Blender : jika ingin belajar seputar animasi tapi tidak tau Software apa yang mau di pakek Blender lah jawaban nya.

Banyak komunitas - komunitas di indonesia yang cinta akan open source salah satu nya adalah IGOS (Indonesia Go Open Source) adalah suatu Gerakan meningkatkan penggunaaan dan pengembangan perangkat lunak gratis dan bebas pada di indonesia.

Post a Comment

Previous Post Next Post